Wednesday 3 October 2007

Pulau Berhala



Potensi Wisata Kabupaten Tanjung Jabung sekitar daerah penyanggah Taman Nasional berbak memiliki akses dengan pulau berhala, Kabupaten Riau Kepulauan. Pulau Berhala memiliki panaroma pantai pasir putih dan batuan vulkanik yang sangat indah dengan lokasi yang sangat dekatdengan daerah penyanggah Taman Nasional Berbak.

Pulau yang luasnya + 1 km 2 ini pada bagian barat mempunyai pantai yang landai , pada bagian Timur mempunyai tebing-tebing batu karang yang cukup curam. Dalam keadaan laut surut pualu berhala dapat dikelilingi dengan berjalan kaki dalam waktu 6,2 jam. Pulau ini dihuni 9 Kepala Keluarga yang berasal dari suku melayu Riau dengan mata pencarian sebagai nelayan.

Seluruh bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 2.000 meter. terdapat pada bagian tengah pulau dan disini ditemui dua buah peninggalan sejarah dan budaya.

a. Meriam Pantai

Sebuah meriam pantai sepanjang 5 meter dengan luas penampang pada bagian bawahnya + 30 cm dan pada bagian ujungnya + 17 cm . Melihat Lokasi penempatan ini. terdapat diatas bukituntuk tempat pengintaian melihat musuh di jaman Jepang.

b. Makam Datuk Paduko Berhalo

Menyusuri bukit dengan jalan kaki melalui jalan setapak + 150 meter akan kita jumpai makam seorang pengembang islam di jambi, bernama Ahmad Salim Yang digelari Datuk Paduko Berhalo। Ia kawin dengan Putri Raja Jambi, Putri Selaras Pinang Masak dan keduanya memerintah kerajaan Jambi menjadi aman.

Sumber : www.bappedajambi.go.id

No comments: